top of page

Rekomendasi 7 Audio Interface Multichannel Terbaik untuk Home Recording

Updated: Aug 15, 2023

Multichannel audio interface selain merupakan sebuah investasi jangka panjang, audio interface di segmen ini biasanya memiliki 4 hingga 8 input analog serta ada beberapa type yang memberikan fasilitas expandable ADAT agar memiliki lebih banyak input.


Namun, biarpun harga yang harus kita bayar juga tidaklah murah, segmen audio interface ini secara langsung juga menjembatani kita untuk bekerja dengan segala macam hal yang lebih luas lagi kelak di dalam dunia audio recording. Seperti keperluan input instrumen musik yang banyak dan bervariasi, segmen ini jelas memberikan kemudahan pada kita untuk merekam drum akustik/ gamelan atau bahkan live session recording dengan lebih banyak orang dari berbagai macam genre dan golongan secara langsung dan bersamaan.


Tentunya dengan alasan-alasan diatas, tidak ada salahnya memakai audio interface multichannel sekarang, toh kedepannya juga akan sangat berguna untuk memberi nilai tambah pada project-project yang kita garap. Dalam rubrik ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi terkait audio interface multichannel yang bisa kalian dapatkan di toko kami.


1. TASCAM US16X08


US16X08 dari TASCAM merupakan audio interface 24bit/96kHz dengan 16-in/8-out, USB 2.0 dengan 8 Microphone Preamplifier, All-analog I/O, dan Onboard DSP untuk Mixing dan Input EQ/Compression lalu sudah dilengkapi phantom power. US16X08 memerlukan adaptor eksternal untuk mengoperasikannya. Dynamic range pada TASCAM US16X08 mencapai 123dB, terbilang sangat besar dan bertenaga untuk audio interface multichannel dengan harga yang bisa terbilang murah.


Audio interface ini memang belum memiliki fitur ADAT expandable, namun TASCAM US16X08 sudah secara sekaligus memiliki 16 input untuk instrument dan mic, dimana 8 diantaranya terdiri dari jack XLR yang biasanya dipakai untuk microphone dan 8 lagi berupa TRS untuk input instrumen. Port MIDI in-out juga sudah disematkan di audio interface yang satu ini. Pada sektor outputnya, TASCAM US16X08 dilengkapi dengan 1 port headphone output dan 8 line out jack (balanced TRS).


Audio interface ini cocok untuk pengguna MAC ataupun Windows dan kompatibel juga dengan berbagai macam DAW yang ada di pasaran saat ini seperti Cubase, Logic Pro, Studio One, Reaper, Ableton Live, Pro Tools, Adobe Audition dll. Kalian bisa melihat harga dan spesifikasi TASCAM US16X08 di link berikut ini : https://www.zealmusik.com/product-page/tascam-us-16x08-usb-audio-interface

TASCAM US16X08
TASCAM US16X08


2. SSL12 (Solid State Logic 12)


SSL12 adalah audio interface multichannel dengan 12-input dan 8-output, input dan output SSL12 lebih banyak dari pendahulunya SSL2 dan SSL2+. Tidak hanya itu, SSL12 juga memiliki performa yang lebih baik dibanding pendahulunya, dimana SSL12 sudah menggunakan sistem 32bit/192kHz processing. Built In Talkback Mic yang bisa di routing ke Headphone A, B dan Line 3-4 output. SSL12 memiliki dynamic range >120dB, yang tentunya cukup menarik bagi Anda yang memerlukan rekaman dengan hasil yang bening, jelas dan bersih.


Memiliki 4 preamps XLR COMBO jack untuk mic dengan phantom power terpisah pada setiap inputnya, diserta juga hi-Z dan low cut jika kita ingin menggunakan SSL12 sebagai piranti untuk menginput instrumen musik seperti gitar, bass dll. Headphone outputnya ada 2, dan diserta 4 output speaker dengan jack (TRS balanced). ADAT INPUT juga disematkan di audio interface ini, sehingga bisa di- expand up to 8 channel dengan kabel optic. 4K legacy button juga disediakan untuk memberi saturasi suara terhadap apapun yang kita input ke preamp-nya, sehingga menghasilkan suara layaknya konsol analog klasik 4000-series SSL yang legendaris. Untuk power supply nya, SSL12 sangatlah praktis karena tidak memerlukan adaptor eksternal untuk mengoperasikannya.


Selebihnya, kalian bisa mengunjungi laman berikut ini untuk info lebih lanjut mengenai SSL12 : https://www.zealmusik.com/product-page/solid-state-logic-ssl-12-usb-audio-interface

SSL12
SSL12

3. Steinberg UR44C


Steinberg UR44C adalah audio interface multichannel dengan 4 preamp input dengan XLR COMBO jack dan 2 line-input serta MIDI port in-out. Audio interface 32bit/192kHz ini juga sudah disertai dengan DSP yang bisa kita aktifkan pada software driver bawaannya yang dapat kita download langsung dari situs resmi Steinberg. Karakter preamp dari Steinberg itu sendiri terkenal natural dan less coloration, jadi suara yang kita input benar-benar asli dan cukup membantu dalam proses post production.


UR44C memiliki 4 speaker output, dan 2 main output dengan jack TRS BALANCED. 2 headphone output juga di sematkan disini, sehingga audio interface ini baru-baru ini banyak sekali dipakai oleh para konsumen kami untuk keperluan podcast up to 4 channel. Kita akan mendapat DAW gratis ketika membeli audio interface ini, yaitu Cubase 12. Power dan dynamic range dari UR44C sendiri tergolong besar, karena UR44C sendiri menggunakan power dari adaptor listrik eksternal 12V.


Untuk detail lebih lanjut dari audio interface hasil kolaborasi antara Yamaha dan Steinberg ini bisa kalian lihat pada laman berikut ini : https://www.zealmusik.com/product-page/steinberg-ur44c-32-bit-usb-3-0-audio-interface

Steinberg UR44C
Steinberg UR44C

4. Focusrite Scarlett 18i20 3rd Generation


Scarlett 18i20 Gen 3 merupakan audio interface multichannel dengan sistim komputasi 24bit/192kHz, USB 3.0 yang memiliki 8 channel preamp input (XLR COMBO jack) dan 10 output (TRS balanced jack), 2 headphone output dan MIDI port in-out serta dilengkapi dengan optical ADAT input dan output sehingga selain bisa di expand up to 8ch, juga mampu difungsikan sebagai preamp external dengan optical cable.


Disamping itu, 18i20 Gen 3 juga memiliki S/PDIF dan world clock out. Built-in talkback mic, dimana fitur ini bisa di gunakan untuk berkomunikasi antara operator studio dengan pengguna studio recording yang sedang rekaman. Karakter suara dari Focusrite sendiri sudah cukup banyak di sukai oleh para audio engineer baik domestik ataupun mancanegara. Dynamic range dari 18i20 Gen 3 ini mencapai 111dB dan sudah cukup untuk diajak bekerja di dapur recording kita.


Audio interface ini dapat kita tinjau lebih lanjut pada laman berikut ini : https://www.zealmusik.com/product-page/focusrite-scarlett-18i20-3rd-gen-usb-audio-interface

Focusrite Scarlett 18i20 3rd Generation
Focusrite Scarlett 18i20 3rd Gen

5. PreSonus Studio 1824c


Studio 1824c dari PreSonus memberikan konektifitas yang cukup luas untuk penggunanya. Audio interface 24bit/192kHz dengan harga yang masuk akal, soundcard ini mempunyai 8 preamp input XLR COMBO dan 10 line-output. Kita bisa meng-expand nya hingga 16 channel dengan menggunakan ADAT I/O. 1824c juga dilengkapi dengan S/PDIF dan MIDI I/O serta world clock out.


Kita juga diberikan 2 headphone output pada front panel dari audio interface ini. Kontrol input gain dan volume knob untuk headphone dan main output juga disediakan semua pada front panelnya. Tidak lupa indikator peak dan phantom power juga tersedia disini. 1824c dikoneksikan dengan kabel USB-C dan latency-free monitoring. Dynamic range dari Studio 1824c tercatat mencapai lebih dari 112dB, sehingga price ratio performa 1824c merupakan yang cukup baik juga dikelasnya. Software DAW gratis Studio One juga disertakan dalam paket pembeliannya.


Kunjungi link berikut ini untuk info lebih lanjut mengenai PreSonus Studio 1824c : https://www.zealmusik.com/product-page/presonus-studio-1824c-usb-c-audio-interface

PreSonus Studio 1824c
PreSonus Studio 1824C

6. Audient EVO 16


EVO 16 adalah audio interface USB Type-C 3.0 24bit/96kHz yang praktis, audio interface ini bisa di pasang sesuai dengan desktop dan di mounting ke rack dengan optional rack ears nya. EVO 16 menghadirkan 8 input dengan Smartgain, 8 output, world clock out, 2 set ADAT optical I/O port agar bisa di expand hingga 16 channel.


8 analog Evo mic preamps mampu menyemburkan gain sebesar 58dB dan memiliki dynamic range up to 121dB. Pada panel depan EVO16 menghadirkan 2 headphone output dan 1 knob dan beberapa tombol digital untuk mengatur segala jenis fungsi dari audio interface ini seperti mengatur gain/ volume/ phantom power hingga pengaturan Smartgain. Audio loopback juga tersedia di audio interface ini.


Audient EVO 16
EVO 16 By Audient

7. TASCAM MODEL 12


Rekomendasi nomor 7 ini cukup berbeda dengan beberapa item diatas, dimana TASCAM MODEL 12 merupakan mixer dengan multichannel yang sekaligus bisa difungsikan sebagai audio interface. Tidak hanya itu, fitur direct recording to SD cardnya juga sangat menarik, karena penggunanya dengan mudah bisa merekam "secara multitrack" dan file masternya langsung di write pada SD card yg kita pasangkan di TASCAM MODEL 12 ini. Tentunya fitur ini sangatlah menarik dan patut untuk diacungi jempol.


Mixer ini mempunyai 12-channel Multitrack Recorder/10-channel Digital Mixer with 12-in/10-out USB Audio Interface dan Built-in Effect, phantom power dan dapur sampling rate nya up to 24-bit/48kHz resolution dengan kualitas suara yang natural dan noise yang rendah. MODEL 12 di bekali dengan 8 XLR Combo input, 2 insert, dan 2 TRS jack input. Untuk sektor outputnya, MODEL 12 dibekali 2 headphone out, 2 main out, 2 AUX out dan 2 sub out. Tidak hanya itu, MIDI I/O juga tersedia di mixer digital ini.


Dengan harga yang cukup wajar, TASCAM MODEL 12 menjadi salah satu kontender audio interface sekaligus mixer multichannel yang rekomended. Info selanjutnya bisa bisa kalian lihat disini : https://www.zealmusik.com/product-page/tascam-model-12-mixer-analog-digital-usb-multitrack


TASCAM MODEL 12
TASCAM MODEL 12

TASCAM MODEL 12
TASCAM MODEL 12

860 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page