top of page
  • Writer's pictureZeal Musik

Review: Audio Technica ATH-CK350iS In Ear Monitor (IEM)

Updated: Aug 18, 2023

By : Zeal Musik, 2023


audio technica ATH-CK350iS

Halo sobat Zeal Musik sekalian, kali ini mimin kedatangan produk baru lagi nih, ATH-CK350iS, In Ear Monitor (IEM) ini berasal dari pabrikan besar nan melegenda dari Jepang, Audio-Technica. Tentunya mimin ingin mereview bagaimana performa dan impresi dalam menggunakan IEM ini. Yuk mari kita simak,

 

ATH-CK350iS Specifications (Headphones)

  • Category: Dynamic type

  • Unit diameter: Ø10mm

  • Frequency response: 20 ~ 23,000 Hz

  • Sensitivity: 102 dB/mW

  • Maximum input power: 40 mW

  • Impedance: 24Ω

  • Wire length: 1.2 m / Y type

  • Weight: about 5 grams

  • Standard: earmuffs (XS/S/M/L), winding clip

ATH-CK350iS Specifications (Microphone)

  • Category: Electret Capacitor

  • Directivity: omnidirectional directivity

  • Frequency response: 100Hz ~ 10,000Hz

  • Open circuit sensitivity: -44 dB (0dB=1V/Pa, 1kHz)


 

Impresi awal


Dari mulai unboxing, mimin udah amazed, karena IEM pabrikan Jepang ini ternyata dibuat di Indonesia, Yup! Kalian tidak salah baca, IEM dari Audio-Technica ini Made In Indonesia guys, mantab kan hehe, biarpun dia tidak dibuat di Jepang, tapi IEM ini tetap original dan dibawah lisensi ATH Jepang guys, jadi jangan takut dapet barang palsu, selama belinya di Zeal Musik pasti dijamin original.

Dalam boxnya, mimin mendapat cadangan silicon eartips dan cable winder (penggulung kabel). Adapun cadangan eartips nya sendiri terdiri dari beberapa ukuran, yaitu XS, S. M dan L. Build quality dari kabel dan housing IEM ini sangatlah elegan dan berkualitas, kalau mimin bilang sih earphone dengan harga 290.000 ini masih cukup pantas jika dihargai up to 800.000 guys, serius nih soalnya build quality nya memang bener-bener premium gitu, packagingnya pun juga eksklusif. Kabelnya juga tebal, lentur dan cukup kokoh. Mantab deh ATH.


Setelah unboxing, mimin langsung pakai deh IEM ini, dan surprisingly, kenyamanannya sangat baik dan biarpun setelah dipakai berjam-jam, telinga ndak kerasa capek, sound issolation dari CK350iS sendiri cukuplah baik, mimin pakai waktu pergi ke-pasar pun IEM ini dapat nge block suara dari luar dengan sangat baik, budeg deh pokoke kalau pakai IEM ini, seakan-akan masuk dunia lain. IEM ini juga dibekali dengan microphone dan control talk, sehingga cocok untuk keperluan online meeting dan telfonan seperti zoom atau live broadcast.


 

Review


Dari segi Sound Quality nya, mimin lebih surprise lagi nih guys, IEM ini justru tidak mempunyai ciri khas dari ATH yang signaturenya itu selalu bright dan clear. Justru ATH-CK350iS ini karakternya nge-warm dan memiliki stereo imaging yang cukup megah serta rasa-rasanya justru memiliki kemiripan karakter dengan earphone-earphone dari Barat seperti AKG / Sennheiser dan BOSE. Drivernya juga cukup gede untuk ukuran IEM, yaitu 10mm diamternya, yg berarti jelas IEM ini mampu menampilkan frequency dengan wide dynamic range .


Bass nya bulet dan tebel, tidak boomy, dentumannya powerful dan nonjok, tapi tidak sampai menutupi detail frekuensi yang lain. Untuk musik-musik EDM cukup mumpuni dan jika kita pecinta musik rock dan pop pun juga ndak malu-maluin. Gitar serta dinamika dari musiknya tersampaikan dengan baik pada IEM ini. Decay nya juga ndak terlalu banyak, jadi bisa terbilang transien bass nya cukup baik.


Untuk vokal nya maju dan ditengah, sedangkan treble nya cukup dinamis, mengikuti source dari file-file yang kita mainkan. Suara-suara petikan nada tinggi gitar dan kecapi pada lagu-lagu audiophile yang mimin mainkan juga sangat detailed dan lembut, tetep menggelitik tapi tidak sampai harsh. Background nya juga black, dan mimin merasa menjadi lebih intim sama musik yang mimin mainkan.


Kesan fun dan menyenangkan diberikan oleh IEM ini, tidak membosankan dan tidak monoton, cocok banget buat harian dan kalian yang tidak terlalu suka suara yang nge-bright. Soundstage dan stereo imagingnya megah, sehingga jika dipakai dengerin musik-musik orkestra/ klasik dan nonton film, CK350iS ini bisa jadi andalan.


Kesimpulannya, ATH-CK350iS ini merupakan IEM dengan driver 10mm dari Audio-Technica yang di tujukan kepada kalian yang suka karakter suara yang nge-warm tapi tetap fun dan tidak membosankan. Cocok dipakai untuk segala jenis kebutuhan harian seperti nonton film, dengerin musik dan online activity. Nyaman dipakai lama dan mempunyai kualitas suara yang lebih mahal dari harganya serta cocok dipakai dalam kondisi apapun baik indoor/ outdoor/ sepi ataupun ramai.


Brilliant ATH ... !

 


299 views
bottom of page