top of page
  • Writer's pictureZeal Musik

Review Audio Technica ATH-C200iS Earbud

By : Zeal Musik, 2023



Halo sobat, ketemu lagi pada pembahasan tentang earbud nih bersama Zeal Musik, kali ini kita akan mengupas sebuah earbud dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas sound quality (SQ) yang diluar ekspektasi. Yaitu Audio-Technica ATH-C200iS, earbud dari pabrikan Jepang ini dibuat di Vietnam. Tentunya dalam dunia musik dan perlengkapan audio, Audio-Technica sudah tidak diragukan lagi popularitasnya.


Dalam paket pembeliannya kita akan menemukan earbud nya, manual dan 2 pasang silicon earbud untuk cadangan. Earbud ini dibandrol dengan harga 219.000 Rupiah dan kalian bisa dapatkan langsung di Zeal Musik Jogja.


 

ATH-C200iS Specifications (Headphones)

  • Category: moving coil

  • Unit diameter: Ø12 mm

  • Frequency response: 20 ~ 20,000Hz

  • Maximum input power: 10mW

  • Sensitivity: 106 dB/mW

  • Wire length: 1.2 m Y type

  • Impedance: 33 Ω

  • Weight: about 5 g

  • Plug type: Ø3.5 mm 4-contact L-type mini gold-plated stereo plug

ATH-C200iS Specifications (Microphone)

  • Category: Electret Capacitor

  • Directivity: omnidirectional directivity

  • Frequency response: 100Hz ~ 10,000Hz

  • Open circuit sensitivity: -42 dB (0dB=1V/Pa, 1kHz)

Build Quality


Dari build quality nya, C200iS mempunyai kabel yang kuat, lentur dan bahan kabel yang dipilih sangatlah berkualitas, sehingga dari looknya pun tetap gak malu-maluin, bahkan dari earbud bawaan iphone yang harganya bisa terbilang 2x lipatnya pun, C200iS masih menang banyak di sektor ini. Menggunakan jack 3.5mm TRRS L-shaped, dan dilengkapi control talk (mic). Ukuran earbudnya kecil dan cocok dipakai pada mayoritas telinga orang Indonesia karena ukurannya tidak terlalu besar. Adapun tekstur dari silicon eartipsnya sangat rapi dan juga nyaman dipakai, biarpun dalam waktu lama baik di luar atau di dalam ruangan. Earbud ini juga tergolong ringan.


Biarpun earbud ini mempunyai banyak kelebihan, nanti pada akhir paragraf, saya akan membeberkan 1 kekurangan massif-nya yang bisa membuat impresi dari orang lain bisa sangat berbeda dan berbalik 180° dari impresi yang saya tulis disini.




Sound Quality


Bass / Low-Freq : Earbud ini merupakan earbud type semi open dan memiliki karakter suara yang natural. Bahasa umumnya sih orang bisa merepresentasikannya dengan kata "suaranya bersih dan tidak ngebass." C200iS tidak cocok untuk basshead, karena bass yang disajikan tidak terlalu nampol, tapi terdengar dengan baik, terutama pada lagu-lagu rock dan band. Suara double pedal bass drum cukup rapi disini, transien nya cepat dan tidak menutupi detail instrumen lainnya. Untuk dengerin lagu-lagu EDM juga nyaman banget, karena tekstur dari mid bassnya juga cukup kerasa (dung dung) gitu biarpun ini earbud tapi entah kenapa teksturnya bisa oke banget nih.


Mid-Freq : Frekuensi tengahnya tebal dan proporsinya sangat pas, sehingga posisi vokalis bisa terdengar benar-benar di tengah dengan musik dibelakangnya yang mengiringi. Smooth dan sangat cocok digunakan disegala jenis genre musik, baik pop, rock, r&b atau bahkan untuk mendengarkan youtube podcast juga nyaman. Artikulasi suara cukup detailed, dan tidak kasar. Sweet.


Treble / Hi-Freq : Sektor ini sangat khas dari ATH, karena mempunyai karakter yang sedikit extend, ngecring namun tetap pas. Suara-suara simbal dan mikro detail cukup terdengar manis di earbud ini. Jarang-jarang sih ada earbud branded dengan bandrol yang murah untuk bisa bersuara seperti ini. Buat dengerin musik-musik keroncong dan country juga enjoyable banget, suara-suara petikan gitar dan detail-detail dari instrument lainnya sangat lengkap dan smooth.


Teknikaliti : ATH-C200iS mempunyai teknikaliti suara yang cukup baik, diameter drivernya sendiri 12mm dan tentunya ini cukup gede untuk sebuah earbud, sehingga mempunyai frequency-range yang lebar. Dari soundstage yang lebar dan separasi yang cukup sempurna, hanya aja earbud ini mempunyai 1 kekurangan yang sangat besar, yaitu dalam sektor kejujurannya. Karena jika kamu memainkan musik dengan kualitas file yang buruk, maka earbud ini bakal bersuara sama buruknya dengan kualitas file yang kita mainkan, sebenarnya justru earphone yang memiliki karakter seperti ini lah yang dibutuhkan untuk anak-anak post-pro audio, baik untuk preview atau mixing.


 

Kesimpulan :

  1. Driver dengan diameter 12mm nya memberikan suara yang bersih, clean & clear dan mempunyai dynamic range frequency yang lebar khas ATH.

  2. Built-in microphone dan tombol untuk mengontrol musik play-pause di smartphone kita

  3. Ventilasi pada earbudnya memberikan suara bass yang tebal dan menghasilkan suara mid yang cukup presisi.

  4. Earbud ini sangat nyaman dan memberikan kesan minimalis ketika digunakan.

  5. Desain semi-open earphone nya mengikuti kontur telinga dan ergonomis, nyaman dipakai dan tentunya tidak menyebabkan telinga kita lelah biarpun dipakai dalam waktu yang sangat lama.

  6. Penggunaan silicon pada earbud nya memberikan efek fitting yang tidak mudah lepas di telinga kita.

  7. Untuk mengeluarkan kualitas suara terbaik dari earbud ini, karena earbud ini sangat jujur dalam menyajikan kualitas suara dari sumbernya, kita wajib mendengarkan musik dari sumber yang sangat berkualitas dan bukan kualitas mp3 kompresan.

  8. Selain bisa dipakai untuk harian, ATH-C200iS juga cukup cocok dipakai oleh para kalangan pro-audio.

 

86 views
bottom of page