top of page
  • Writer's pictureZeal Musik

Tips membuat Channel YouTube Sendiri

By : Afrizal Oktaputra

Pada awal berdirinya YouTube belumlah setenar sekarang. Dunia internet masih didominasi oleh Blog dan Podcast karena bandwidth yang diperlukan untuk mengakses internet belum sekencang sekarang. YouTube, sebagaimana kita ketahui adalah media yang populer belakangan ini.


Tak ayal banyak orang yang berlomba-lomba membuat channel YouTube. Banyak Blogger dan Podcaster yang mengembangkan sayapnya ke YouTube dan mereka sering dianggap Vlogger (Video+blogger) Sebenarnya untuk membuat channel YouTube sangatlah mudah, kalian tinggal membuat akun e-mail. Kami menyarankan agar menggunakan layanan e-mail dari Google yaitu Gmail, karena dengan satu akun Google kita bisa mengakses berbagai macam aplikasi dan layanan dari Google termasuk YouTube.


Kalian bisa menamai Channel YouTube dengan nama yang menarik, contohnya TechDaily, LifeHacks, MusicPro, RecordUrMusic, dsb. Jangan lupa promosikan channel YouTube kalian di medsos ya agar semakin banyak Subscriber-nya. Hehehe Lalu, tools apa saja yang kita butuhkan untuk membuat video?

 

Kamera video

Untuk pemula sebaiknya tidak perlu beli kamera video dengan harga puluhan juta rupiah. Kalian bisa memulainya dengan menggunakan HP/ Smartphone, mengingat kualitas kamera smartphone sekarang sudah lumayan bagus dengan teknologi yang maju. Kalau dirasa memang membutuhkan kamera video kalian bisa membeli kamera DSLR/ mirorrless maupun action cam dari brand-brand seperti Sony, Olympus, Cannon, Go-Pro, Xiaomi dsb.


Namun kita juga bisa menggunakan webcam dengan resolusi HD. Dengan pencahayaan yang cukup, sebuah webcam dengan resolusi HD sudah mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang baik.


Dengan sedikit setting pada penempatan dan posisi kamera, jelas akan menambah kualitas dari video yang kita akan buat. Sehingga jika sudah di rilis nanti, video kita akan banyak yang menyukainya karena resolusinya besar dan gambarnya cukup jelas.


Biasanya harga kamera bervariasi, mulai dari ratusan hingga puluhan juta. Tergantung fungsi dan budget yang kita inginkan.



 

Tripod Kamera


Sebenarnya Tripod kamera bukanlah alat wajib di sini, tetapi alangkah baiknya jika kita menggunakan tripod kamera agar hasil tangkapan gambar/ video lebih stabil, karena kadang jika menggunakan tangan, gambar akan kurang stabil dan cenderung shakey.


Banyak tripod dengan harga terjangkau di pasaran, sebagai contohnya lihat gambar berikut:


 

Media rekam suara/ Audio Recorder

Beberapa orang menganggap bahwa suara tidaklah penting, yang penting gambarnya bagus, kamera mumpuni ITU SALAH BESAR. Sebenarnya kebanyakan mikrofon pada kamera tidak terlalu maksimal dalam menangkap suara. Suara mempunyai peran yang penting dalam membuat video, bayangkan jika sebuah video dengan gambar yang jernih berelosusi tinggi namun suara dari Si Vlogger tidak jelas, atau terlalu lirih. Hasilnya, apa yang disampaikan oleh Si Vlogger tidak sampai ke penonton dan bisa saja meng-close YouTube.


Kami menyarankan menggunakan mic condenser USB/ Audio interface serta handheld portable recording untuk keperluan ini, penggunaannya pun cukup mudah tinggal dicolok ke PC/ Laptop dan sudah bisa merekam audio dengan kualitas baik dan jernih. Tak perlu khawatir kami sudah menyediakannya

 

Proses Perekaman Audio dan Video

Nah sekarang tinggal merekam video dan audio secara bersamaan. Pastikan kalian membuat tanda/ sign di awal video seperti tepukan tangan untuk memberi tanda agar memudahkan saat proses editing nantinya. Untuk merekam audio kalian bisa menyimak tipsnya di sini: https://zealmusik.wixsite.com/zealmusik/post/memilih-ruangan-untuk-rekaman-voice-over-di-rumah



Jika kalian ingin live streaming di YouTube atau membuat vlog tentang game bisa melihat tutorialnya seperti berikut: https://www.youtube.com/watch?v=eY4Qce2B9KE

 

Proses Editing Video


Untuk editing dan sinkronisasi antara suara dan gambar, kalian bisa menggunakan software semacam Adobe Premiere, Sony Vegas, Final Cut Pro, Movie Maker dsb. Tutorial penggunaan Adobe Premiere: https://www.youtube.com/watch?v=6j9ncAbR4Pw

Software editing video rata-rata memang mahal harganya, tapi tenang, ada yang FREE juga kok, yaitu Davinci Resolve Lite, fiturnya lengkap dan simple penggunaanya. klik di sini untuk info lebih lanjut tentang Davinci Resolve: https://www.blackmagicdesign.com/products/davinciresolve



Kalau sudah selesai editing bisa dirender/ diexport. Pastikan settingan untuk export file video menggunakan format mp4/ h.264 agar file tidak terlalu berat saat upload. Mudah bukan? Selamat berkarya dan semoga bermanfaat!




10 views

Recent Posts

See All
bottom of page