top of page
  • crettaca

Cara Mudah Menggunakan Limiter dalam Mastering - Panduan untuk Pemula


Logic Pro Plug-in Limiter

Limiter adalah alat yang bisa membuat lagu Anda terdengar lebih keras dan keren. Bagi Anda yang baru dalam dunia musik, inilah cara mudah menggunakan limiter.


Apa Itu Limiter?


Limiter adalah alat khusus yang mirip dengan kompresor. Fungsinya adalah mengontrol volume lagu, terutama saat ada suara yang terlalu keras. Limiter akan menjaga agar suara tersebut tidak terlalu menonjol.


Bagaimana Cara Kerjanya?


1. Tetapkan Level Maksimal (Celling): Ini adalah volume terkeras yang diizinkan. Limiter akan memastikan suara tidak melebihi level ini.

Celling Output Level


2. Naikkan Volume (Gain): Anda bisa menaikkan volume lagu tanpa khawatir akan suara yang terlalu keras. Limiter akan mengontrolnya.

Gain Input


Langkah-langkah Menggunakan Limiter:


1. Pilih Level Maksimal: Tentukan seberapa keras volume maksimal yang Anda inginkan. Biasanya, pengaturan antara -1 dB hingga -0,1 dB adalah pilihan yang baik.

Output Level Celling

2. Atur Gain: Naikkan volume lagu Anda. Limiter akan menjaga agar suara tidak terlalu keras.

Gambar Limiter Meter Indikator 1

* Input ada raw sinyal lavel dari lagu, Reduction indikator menjelaskan seberapa besar desibel Peak yang tereduksi oleh Output.


3. Dengarkan dan Bandingkan: Putar lagu Anda dan bandingkan dengan lagu lain yang Anda suka (referensi). Apakah sudah cukup keras? Jika belum, naikkan gain sedikit lagi.


Komparasi Loudness Original Track dan Referensi

4. Periksa Kualitas Suara: Pastikan suara masih terdengar bagus setelah Anda menaikkan volumenya. Jika terdengar aneh, turunkan gain sedikit.


Dua versi dari Track yang sama. Perhatikan betapa lebih sedikit Dynamic Range yang dimiliki Loud Version.

Tips Tambahan:

  • Jangan Terlalu Keras: Jika Anda membuat lagu terlalu keras, itu bisa membuat suara menjadi tidak enak didengar.

  • Coba dan Dengarkan: Jangan takut untuk mencoba pengaturan yang berbeda dan dengarkan hasilnya. Bisa dengan beberapa device (Smartphone, Car Audio System dan lain-lain) yang berbeda untuk referensi tambahan.

  • Gunakan Referensi: Bandingkan lagu Anda dengan lagu lain yang Anda suka. Ini akan membantu Anda menemukan pengaturan yang tepat.

Kesimpulan:

Menggunakan limiter dalam mastering adalah cara yang baik untuk membuat lagu Anda terdengar lebih keras dan profesional. Dengan mengikuti panduan sederhana ini, Anda bisa mulai menggunakan Limiter meskipun Anda adalah pemula. Selamat mencoba!

216 views

Recent Posts

See All
bottom of page