top of page

Bagaimana Cara Menggunakan Compressor

Updated: Feb 14, 2023


Compressor menjadi salah satu peralatan penting dalam dunia musik yang bisa digunakan untuk mengurangi atau menambahkan dynamic range yang berlebihan atau kurang. Dalam setiap level/kekerasan suara, setiap dynamic range berbeda-beda, terlalu keras atau terlalu lemah pada setiap bagian lagu. Genre musik tertentu seperti Klasik atau Jazz memiliki dynamic range yang berbeda dengan genre musik Rock n Roll, Pop, dan Hip Hop. Compressor bisa digunakan disetiap track/per-track, tetapi juga bisa digunakan di Master Output/Bus.


Namun, meskipun kompresi dinamik range dapat memberi manfaat besar untuk track audio atau mix, penggunaan berlebihan bisa merusak track yang harus diperbaiki. Penggunaan kompresi yang berlebih dapat membuat sound track menjadi tidak bernyawa, tidak menarik, atau terkubur didalam mix. Untuk itu, sebaiknya gunakan fungsi dasar kompresi berikut pada musik Anda. Simak grafik penjelasan berikut untuk memahami pengaturan dasar penggunaan compressor.


 

THRESHOLD

Threshold adalah poin penting dimana compressor akan bekerja pertama kalinya untuk mengurangi gain. Jika signal sudah memasuki Threshold maka setelah itu compressor akan mulai menghaluskan suara/sinyal.



Saat Threshold -10dB berarti sinyal di atas -10dB akan dihilangkan dan suara/sinyal yang lemah akan dihaluskan oleh threshold.

 

RATIO

Ratio atau rasio adalah intensitas compressor atau mengurangi jumlah redaman menjadi yang sebenarnya. Ini bisa dilihat antara rasio input dan output. Jika rasio 2:1 berarti bahwa setiap 2dB input di atas threshold, compressor hanya akan membolehkan 1dB signal output. Begitu pula jika rasio 10:1 berarti bahwa setiap 10 dB input diatas threshold, maka compressor hanya akan membolehkan 1dB signal output diatas threshold.


 

ATTACK

Attack adalah waktu yang dibutuhkan compressor untuk mencapai pengurangan gain setelah threshold bekerja. Contohnya, jika Anda mengatur attack 10 ms, jika audio/sinyal lebih tinggi dari threshold, ini memerlukan waktu 10 ms untuk compressor mencapai pengurangan reduksi penuh. Ini tidak berarti ada delay sebelum kompresi, sederhananya bagaimana berapa waktu yang dibutuhkan untuk kembali lagi ke audio/sinyal asal.

 

RELEASE

Release adalah sisi lain dari Attack. Saat audio sudah mengenai threshold, compressor akan tetap bekerja untuk waktu yang singkat. Pengaturan Release adalah berapa lama compressor akan selesai berhenti melemahkan sinyal suara. Contohnya, release dengan pengaturan 100ms, saat sinyal audio telah dilemahkan oleh threshold maka dibutuhkan 100 milidetik untuk mengkompres sebesar 0dB dari gain reduction.


 

MAKE UP GAIN

Pengaturan terakhir dari compressor disebut Make Up Gain. Saat Compressor bekerja mengurangi sinyal/ suara maka level/ gain suara akan sedikit lebih kecil. Make Up Gain ada cara gampang untuk menaikan kembali level/ gain yang telah berkurang tadi. Mengatur Make Up Gain akan membuat Anda mudah mengatur seluruh volume pada track yang diberi compressor tersebut. Untuk contohnya jika kita telah mengcompress sinya/ suara yang semula 8db setelah decompress maka level suara akan turun, maka kita harus menaikan kembali level suara yang seharusnya 8dB dengan Make Up Gain.


 

COMPRESSING VOCAL

Mungkin pada umumnya compressor digunakan pada vokal. Penyanyi mempunyai dinamika alami; satu kata mungkin bisikan lembut berikutnya menjadi blood-curdling scream. Pengaturan yang tepat dari kompresi dinamika vokal Anda akan tergantung sepenuhnya pada penyanyi. eksperimen dan pengalaman akan membantu menemukan setting yang paling sesuai untuk objek mixing. Untuk vokalis yang sangat dinamis, coba tinggikan rasio dengan rendahkan threshold. Jika ingin bereksperimen dengan dinamika (laki/wanita), Anda bisa gunakan rasio rendah dan tinggikan threshold.


 

COMPRESSING BASS DAN GITAR

Instrumen lainnya yang memiliki dinamika natural yaitu Bass dan Gitar, kompresi sangat diperlukan untuk kedua intrumen tersebut. Coba gunakan rasio rendah (2:1 sampai 4:1) dengan pengaturan kecepatan attack dan panjang release. Gitar akustik, dinamik akan menjadi konsisten ini tergantung dari pemainnya, Low rasio (2:1) lebih disukai untuk gitar akustik, tapi rasio tinggi (10:1) juga dapat digunakan jika diinginkan. Anda juga dapat menggunakan settingan ini untuk gitar elektrik. Ini mudah untuk membuat suara gitar dan bass dikompresi lalu tweak attack dan relase untuk membangunkan sound yang Anda inginkan.


 

COMPRESSING DRUMS

Untuk track drum, compressor adalah plugin wajib. Menggunakan Compressor pada Snare Drum akan sangat berfungsi untuk mengatur dinamika si snare drum. Anda bisa selalu menggunakan compressor untuk lebih lagi menambah seni untuk memodifikasi suara drum yang diinginkan, atau untuk menambah beberapa punch ke dalam track. Compressor dengan pengaturan attack cepat pada sebuah snare akan membatasi suara peak jadi dapat membuat suara dengan transien yang tinggi akan menurun. Dan Compressor dengan Attack yang lambat akan membuat beberapa transient menjadi detail, dan dapat membantu menambahkan karakter punch.






 

MIX BUS COMPRESSION

Hal lain yang umum digunakan kompresi adalah memasukan kedalam mix bus, atau final stereo Anda (atau surround) master output. Menambahkan kompresi halus didalam mix bus dapat menambahkan punch atau “glue” untuk mix Anda. Tipe kompresi mix bus menggunakan rasio rendah yaitu 2:1 atau lebih rendah lagi 1.5:1. Hati-hati menggunakan kompresi mix bus janga terlalu berlebihan.


Untuk mendengar beberapa artefak, atau efek negatif melebihi kompresi agresif, coba tempatkan kompresi dengan low threshold dan high rasio didalam mix bus. Seperti kebanyakan aspek audio, pengaturan kompresi apapun memberikan Anda sound yang dicari adalah pengaturan yang benar untuk digunakan. Perlu diingat hubungan rasio, attack, dan release dapat memiliki efek yang tidak diinginkan bila menggunakan berlebihan. Jadi seringlah latian, dan disarankan untuk memulai dengan kompresi lebih ringan dan lakukan seterusnya


 

KESIMPULAN :

Compressor ada alat yang digunakan untuk mengontrol dynamic range suara/ sinyal. Compressor mempunyai 5 parameter utama yang saling berhubungan satu dengan yang lainya Yaitu:

  • Threshold adalah dimana level suara pertama kali akan dikurangi.

  • Ratio adalah insetisitas/ kepekaan dari compressor, atau berapa tepatnya compressor akan mengurangi level suara.

  • Attack adalah berapa lama compressor untuk mencapai reduce/ mengurangi level setelah Threshold bekerja.

  • Release adalah seberapa lama compressor akan berhenti bekerja setelah sinyal masuk threshold.

  • Make Up Gain adalah bagian dimana gain audio yang telah terkompres dapat dikembalikan kembali seperti awal.

  • Untuk Contoh lainya Anda bisa cek video untuk mendengarkan beberapa sample dari compressor saat mixing. Kami akan memberikan contoh side chaining, parallel compressor, dan banyak lagi tehnik tehnik tentang compressor.

sumber :


6,670 views

Recent Posts

See All
bottom of page