Perbedaan open-back dan Closed-back headphone

Perbedaan open-back dan Closed-back headphone

*CLOSEDBACK

Sebelum membahas tentang openback dan closeback headphone, dalam dunia recording kita sering mendengar kata “profesional headphone monitoring”, yang artinya ialah headphone yang menyajikan suara yang flat, balance dan natural, tidak ada frekuensi yang berlebih. Pada umumnya, headphone monitoring itu menyajikan suara yang asli dari sumbernya tanpa memberikan kolorasi didalamnya, sehingga pada prosesnya, sebuah profesional headphone monitoring itu mampu digunakan untuk recording, mixing, monitoring dan mastering.

Sebenarnya, dalam dunia headphone monitoring itu sendiri, mereka mempunyai beberapa pengelompokan lagi, baik dari dimensinya, kegunaan (mixing, monitoring only, atau sebagai daily use), serta dari jenis airflow pada housingnya atau yg biasa disebut openback dan closeback. Kali ini, kita mengkhususkan hanya membahas tentang perbedaan openback dan closeback headphone dilanjutkan dengan tips n trick memilih headphone mana yang cocok dengan kebutuhan kita karena hal ini sangatlah menarik utk dibahas.

Headphone CLOSEBACK ialah headphone yang didesain utk mengisolasi pendengaran kita agar fokus pada musik yang kita mainkan, suara dari luar tidak bocor ketika kita memakai headphone tersebut sehingga musik yang kita dengar dari headphone tersebut benar- benar fokus dan tidak terganggu oleh suara dari luar. Biasanya headphone seperti ini memiliki bass yang tebal dan besar. Dalam recording, biasanya closeback digunakan utk monitoring ketika take vocal dan instrumen seperti utk mendengarkan suara metronom ketika bermain drum. Sedangkan dalam daily use, closeback biasa digunakan utk kebutuhan komuter, misalnya ketika kita sedang didalam kereta dan pesawat, closeback headphone berfungsi utk membloking suara sekitar agar tidak mengganggu kita ketika mendengarkan musik. Profesi Disc Jokey / DJ juga sangat direkomendasikan menggunakan closeback headphone utk monitoring. Dalam prakteknya, selain utk kebutuhan profesional audio, closeback headphone juga cocok untuk nonton film dan gaming karena bass yang dihasilkan akan lebih punchy dan membuat suasana kita seperti masuk didalamnya, genre musik EDM dan pop juga cocok dengan headphone berjenis ini. Hanya saja karena sifatnya kedap dan tidak memungkinkan udara dari luar masuk ke rongga telinga, closeback headphone tidak disarankan utk pemakaian long term listening, karena akan mengakibatkan telinga mudah lelah dan panas.


*OPENBACK

Sedangkan headphone OPENBACK ialah headphone yang didesain tidak kedap suara dari luar, biasanya housingnya memiliki rongga udara yang mengakibatkan suara baik dari dalam maupun luar headphone akan bocor dan masuk. Banyak penikmat musik / audiophile dan sound engineer menyukai jenis headphone yang suaranya bocor ini, karena frekuensi yang diberikan lebih netral sehingga frekuensi bass yang disajikan lebih natural. Namun dalam dunia profesional audio, biasanya openback headphone digunakan untuk kegiatan mixing, dan tidak disarankan utk take vocal karena suara yang bocor dari headphone ini akan masuk dan terekam dalam microphone. Bass yang dihasilkan oleh openback headphone biasanya tight, lugas dan temponya cepat serta akurat, banyak digunakan utk mendengarkan musik berjenis rock dan akustik, agar menampilkan suara petikan gitar dengan rapi dan misalnya suara double pedal dengan baik sehingga tidak terdengar saling tindih. Clarity dari openback headphone sangatlah baik, dan detail musik juga terdengar lebih baik. Pada umumnya sih openback headphone itu lebih nyaman dipakai karena rongga udara yang ada di housingnya mampu menyaring udara masuk sehingga telinga tidak panas dan tidak mudah lelah, jadi utk long term listening, openback headphone sangat direkomendasikan. Hanya saja openback headphone itu memungkinkan orang disekitarmu mendengar juga apa yang kamu dengar karena suaranya bocor.

Berikut Contoh Headphone CLOSEBACK ;

~ SAMSON SR950, Rp.710.000

~ ISK HP890, Rp.680.000

~ AUDIO TECHNICA M50X, Rp.2.290.000

~ Sennheiser HD25 light Rp.2.803.200.

Dan OPENBACK ;

~ Samson SR850, Rp.600.000

~ ISK HP580, Rp.410.000

Alctron HP-280 Rp.419.000

Nah, setelah membaca sedikit pembahasan diatas, headphone mana yang cocok dengan kebutuhanmu? Closeback kah? Openback kah?