fbpx writemypapers best academic writing service

Live Instagram pakai Audio Interface, emang bisa?

Hi hi, ….. Mimin balik lagi nih kasih tips dan tutorial yang semoga bermafaat untuk kamu yang lagi di rumah aja.

Banyak yang tanya ke mimin nih, bisa gak ya Live Instgram pakai eksternal Audio Interface?? eh emang kenapa harus pakai eksternal Audio Interface? yang pasti biar hasil suaranya lebih baik dong daripada pakai internal mikrofon smartphone atau jika pengen input yang lebih banyak harus pakai eksternal Audio Interface 😂.

  1. Audio Interface
gambar.1 – Audio Interface

Oke! yang pertama kita pakai Audio Interface ya atau banyak juga yang sebut Soundcard. Kali ini mimin cobanya pakai Steinberg UR12, kok pakai itu min? pasti kalian akan tanya seperti itu hehehe. Karena mimin mau coba fitur 5V DC input dari Steinber UR12 yang mana memang didisain untuk keperluan Recording Mobile menggunakan Smartphone ataupun Tablet walupun juga bisa dipakai di Laptop atau PC.

Oiya kelebihan dari 5V DC ini adalah baterai Smartphone kamu tidak akan cepat Draining (terkuras) habis. Jadi buat live hingga 50 menit-pun di Instagram masih bisa lanjut terooosss!!

Ini alat yang mimin pakai 👇

Kabel USB, kabel mic, kabel instrumen, adaptor charger, smartphone dan OTG

Pertama, colok 5V DC adaptor sebagai power. Ambil USB OTG dan colokan ke Smartphone pastikan terpasang dengan baik. Jika sudah benar makan indikator lampu USB di Steinberg UR12 akan menyala

Kabel- kabel sudah terpasang dengan baik dan benar

Kedua, colok condenser atau dynamic microphone ke input 1 (XLR) dan instrumen ke input 2 (TS), jika menggunakan mikrofon kondenser pastikan phantom power / 48V diaktifkan. Headphone jangan lupa juga di colok ya.. untuk me-monitoring apakah semua volume/ gain input sudah OK.
Ohya, fitur direct monitor bisa kalian manfaatkan lho biar bisa mendengar suara kamu, instrumen dan juga audio dari Instagram Live.

Semua terpasang dengan rapi

Ketiga, Buka aplikasi Instagram-mu dan siap untuk beraksi…!!

*kami mencobanya di Smartphone Asus Pro Max 1 Andorid Nougat

Kalau pakai mixer bagaimana caranya min? lihat dibawah ini ya 👇👇

Link Produk:
1. Audio Interface > Steinberg UR12

2. Microphone Dynamic > Samson Q7

3. Microphone Condenser > Alctron Beta5

4. Headphone Monitor > DBE DJ200