fbpx writemypapers best academic writing service

PODCAST SETUP : ALAT APA SAJA YANG DIBUTUHKAN?

Siapapun menginginkan menjadi youtuber atau podcaster ternama dengan jumlah subscriber yang banyak. Benar tidak ini impianmu?

Anyway. Sekarang, podcast adalah media alternatif yang lagi happening lho dikalangan anak muda. Selain kita bisa memiilih sendiri tokpiknya di media streaming seperti: Spotify atau Apple podcast, kalian skaligus juga bisa menjadi podcaster-nya lho! Kamu bisa upload langsung podcastmu ke media streaming yang tersedia.

Kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara menyusun podcast pertamamu agat terdengar layaknya podcaster profesional, terutama dari hasil kualitas audionya.

1. Mikrofon

Untuk simple setup kalian bisa langsung menggunakan mikrofon USB dimana koneksi USB-nya bisa langsung dihubungkan ke komputer/ laptop/ tablet/ smartphone kalian.

Simple setup usb microphone

Adalagi setup yang lebih proper untuk melakukan podcast dengan menggunakan mikrofon kondenser, kenapa lebih proper? karena dengan menggunakan setup seperti ini, kita bisa lebih dinamis pada setting serta juga pengolahan audionya nanti.

Banyak sih pilihan untuk mikrofon berjenis kondenser seperti ini, mulai dari yang murah hingga mahal. Lalu, apa bedanya yang murah dengan yang mahal? Bisa dipastikan kualitasnya dan juga build quality-nya. Mau mendengar perbedaannya? Silahkan lihat video dibawah ini dengan menggunakan headphone/ earphone :

Perbandingan 12 Microphone Condenser

2. Audio Interface (Soundcard)

Nah! ini juga merupakan perangkat yang penting untuk kebutuhan Podcast kalian. Selain mikrofon kondenser, alat berikutnya yang dibutuhkan adalah Audio interface, fungsi dari alat ini adalah untuk merubah sinyal audio dari input mikrofon kondenser menjadi digital, atau lebih dikenal dengan sebutan ADC (Analog to Digital Converter) agar input suara dari mikrofon kondenser kalian dapat masuk dan terekam ke komputer/ laptop/ tablet/ smartphone kalian untuk keperluan live-streaming, atau menyimpan hasil dari rekaman kalian dalam bentuk file digital yang kelak bisa di edit lagi.

Untuk podcast butuh berapa input ya Kak? Minimal 2 input (mic). Karena kalian bisa menggunakan dua mikrofon kondenser secara bersamaan. 1 untuk narasumber dan 1 nya lagi untuk tuan rumahnya.

3. Headphone

Yes! ini juga penting ya guys.. Saran kami, pilihlah headphone yang berjenis closed-back headphone, kenapa gitu kak? Agar monitoring suara dari aktivitas podcast kalian tidak bocor dan tidak terekam kembali di mikorofon.

4. Komputer

Sia-sia sudah jika perangkat ini tidak tersedia hehehe. Kalian bisa gunakan komputer berbasis Windows ataupun Mac jenis apa saja yang masih berfungsi dengan baik. Karena piranti ini dibutuhkan untuk merekam, mengedit, dan mengunggah podcast Anda. Untungnya, mengedit audio untuk podcast tidak membutuhkan komputer dengan spek dewa! Pastikan aja koneksi slot USB pada komputer kalian berfungsi dengan baik ya.. karena ini untuk mengkoneksikan Mikrofon > Headphone > Audio Interface > Komputer.

Recording routing setup

5. Software

Software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk merekam audio ini juga wajib hukumnya ter-install di komputer kalian sehingga bisa merekam podcast kalian dan mengolahnya. Berikut ini ada beberapa software gratisan/ free/ tidak berbayar yang bisa kalian gunakan yaitu :

  1. Audacity (Win/ Mac)
  2. Reaper (Win/ Mac)
  3. Garageband (Mac/ iOS)
  4. Ocenaudio (Win)

Silahkan bebas memilih software apa yang ingin kalian gunakan tidak ada batasan tertentu. #SayNoToPiracy

Oiya kalian juga bisa lho menggunakan alat-alat diatas di Smartphone atau Tablet/ iPad. Simak video dibawah ini

Merekam video musik menggunakan mikrofon SEM-01 pada smartphone

OK! sudah paham belum? alat yang dibutuhkan untuk memulai podcast kamu? kalau sudah selamat mencoba dan selamat berkarya.

Oiya klo kalian males beli satu-satuan kami juga menyediakan paket bundle plug n play:

  1. Focusrite Scarlett 2i2 Studio 3rd Gen
  2. Focusrite Scarlett SOLO Studio 3rd Gen
  3. M-Audio M-Track 2×2 Vocal Studio
  4. PreSonus AudioBox 96 Studio
  5. Steinberg UR22 MKII Recording Pack
  6. Paket Recording Alctron
  7. iCon Podcasting Pack

Semoga bermanfaat. sehat selalu dan selamat berkarya!