fbpx writemypapers best academic writing service

MEMBUAT HOME RECORDING STUDIO SENDIRI

Oleh: Cretta Cucu A.

Terbarui oleh Hardi Atmaja

I. Pendahuluan

Di era teknologi dan komunikasi saat ini berkembang begitu pesatnya, termasuk musik dan industri rekaman. Perkembangan teknologi komputerlah yang memicu ini semua dan internet merubah cara pandang kita melihat dunia, komunikasi, termasuk ekonomi. Jika Anda seorang musisi, pencipta lagu, ataupun produser di jaman sekarang, maka memiliki keuntungan lebih dari generasi sebelumnya, kenapa? Karena di era milenial ini kita dapat menulis, merekam, dan mendistribusikan musik kita secara profesional dengan lebih mudah dan murah. Semua itu dampak dari perkembangan teknologi komputer dan internet yang semakin pesat.

Begitu mudahnya saat ini kita bisa mengunggah, memperkenalkan dan mendistribusikan karya kita keseluruh dunia melalui beberapa situs media sosial seperti facebook, twitter, soundcloud dan Youtube Channel. Dimulai dengan meng-cover lagu orang lain hingga akhirnya viral dan akhirnya masuk dapur rekaman profesional. Maka gerakkan berkarya tanpa batas ini sudah menjadi trend dan melahirkan banyak musisi baru yang keren dan fresh dari platform tersebut, sungguh luar biasa bukan?

Seni dan teknik merekam sampai saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi. Tapi apakah kita menyadari bahwa dilain hal segala sesuatu tentang rekaman musik telah berubah. Dahulu jika kita ingin merekam sebuah lagu memerlukan biaya yang banyak dan waktu yang lama, berbeda dengan di era milenial ini kita dapat melakukannya kapan dan dimana saja seperti di kamar kost, halaman rumah bahkan kamar mandi, ruang publik, dan dimana saja ketika ide kreatif itu muncul. Tentu saja kecanggihan teknologi saat ini mempermudah aktifitas atau mobilitas kita dan memangkas biaya produksi serta membuat semakin terjangkaunya alat-alat rekaman saat ini.

“Lalu bagaimana caranya Bang biar saya bisa musik cover di Rumah?” Untuk memulai produksi sebuah musik kita membutuhkan peralatan yang akan menunjang kreatifitas dan ide-ide musikal kita. Alat yang kita butuhkan adalah seperangkat alat home recording. Home recording adalah alat standar studio rekaman digital untuk rumah atau kantor. Berikut beberapa perlengkapan utama yang kita butuhkan sebelum kita menekan tombol “record” :

  1. Komputer/ Laptop/ Smartphone
  2. Audio Interface/ Soundcard
  3. Microphone
  4. Software/ Aplikasi
  5. Midi Controller
  6. Speaker Monitor/ Headphone

Saat ini banyak sekali merek(Brand) alat-alat rekam digital yang beredar dipasaran dari yang dijual dengan harga murah hingga mahal, tipe yang bervariasi dan didukung teknologi terbaru. Tapi jangan sampai kita terjebak dengan paradigma bahwa alat yang murah akan menghasilkan hasil yang jelek “itu tidak menjamin” karena itu semua tergantung dari siapa orang yang dibalik proses pengolahannya (baca: audio engineer). Terkadang dengan keterbatasan alat sekalipun tetapi memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, kita dapat menghasilkan rekaman dengan kualitas yang baik.

Ok! Sekarang saatnya membahas alat-alat tersebut. Lets go kuy!

II. Perlengkapan Home Recording

Sebelumnya sudah saya sebutkan beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk memulai membuat musik cover di rumah. Berikut ini akan saya jelaskan alat-alat tersebut beserta fungsinya.  

1. Komputer/ Laptop/ Smartphone

Sebagian besar waktu kita baik itu dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari tidak jauh dari gawai (Gadget). Karena di era digital ini alat-alat tersebuat sudah menjadi kebutuhan primer dalam perkerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Sama halnya ketika kita akan memulai home recording, 99% dari waktu kita akan tercurahkan pada alat tersebut.

Dipasaran banyak sekali macam bentuk dari Gadget ini mulai dari PC (Personal Computer), Laptop, iPad, Smartphone dan sebagainya. Masing-masing Gadget tersebut memiliki spesifikasi yang khusus  sesuai dengan kebutuhan baik itu untuk rumahan, kantoran hingga produksi (musik, desain, dan film). Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah “Bang kalau aku mau bikin/ beli komputer atau laptop sspesifikasi apa ya yang mantap mendukung kinerja home recording?” berikut jawabanya.

This image has an empty alt attribute; its file name is laptop-300x300.jpg

Laptop

This image has an empty alt attribute; its file name is pc-300x300.jpg

PC (Personal Computer)

This image has an empty alt attribute; its file name is CBEC1DBB-B2F2-407F-A013-F2F034A9BB3E-300x231.jpeg

Tablet/ iPad

This image has an empty alt attribute; its file name is B3337B44-2B21-421D-8C8B-4CFFE68E4479-300x242.png

Smartphone

Kecanggihan komputer tidak seperti 10 tahun yang lalu, kemajuannya sudah sangat pesat sekali dari bentuk hingga kecepatan processor (era multi-core) dan harga yang ditawarkan pun cukup variatif dan terjangkau. Untuk memulai membangun home recording kita perlu mengetahui standar minimal sistem (system minimum requirements) yang dibutuhkan. Berikut standar sistem yang dibutuhkan:

  • CPU: 2.2Ghz i7 quad-core processor 32 & 64-bit operating system
  • Memory: 2 – 16GB of RAM
  • Storage: 500GB HDD atau SSD, Hybrid 128GB SSD dan 500gb HDD
  • Monitors:  15-inch dan jika bisa dual monitor akan lebih baik
  • Mouse: A mouse dengan scroll disamping seperti Logitech M570 lebih baik

Spesifikasi diatas dapat sebagai acuan untuk membeli sebuah komputer seperti Mac atau Windows. Pilihlah kebutuhan komputer Anda sendiri sesuai dengan kebiasaan Anda selama ini dan jika Anda seorang yang sering berpergian dan berpindah-pindah tempat (mobile) alangkah baiknya pilihlah laptop dengan spesifikasi seperti diatas atau bisa menggunakan Gadget untuk merekam ide musikal waktu di coffee shop. “HP yang OK apa Bang buat rekaman?” Pada dasarnya Gadget tersebut tidak didesain seperti komputer (kerja berat) hanya saja ada aplikasi-aplikasi. Yang bisa digunakan untuk merekam ide-ide kalian, jadi pilihlah HP keluaran terbaru tidak harus yang mahal tapi spesifikasi cakap agar kuat untuk menjalakan aplikasi-aplikasi yan disediakan dari pihak ketiga di App Strore (iOS) / Play Store (Amdroid). Kita akan bahan mengenai rekaman di Smartphone pada edisi berikutnya

2. Audio Interface (Soundcard)

Berikutnya adalah audio interface alat yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia home recording karena termasuk dari salah satu alat yang sangat berperan penting dalam dunia rekaman digital. Apa itu audio interface? dan apa fungsinya.

Proses AD/DA Converter Audio interface adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog (audio) menjadi sinyal digital (binari) ke komputer dan mengembalikan sinyal digital tersebut menjadi sinyal analog untuk dikeluarkan ke output source (speaker/ headphone). Alat ini bisa disebut juga dengan Analog to Digital/ Digital to Analog (AD/DA) Converter. Alat ini berfungsi untuk merekam atau menangkap (captor) suara vokal dan intsrumen musik ke dalam program musik yang digunakan. Dalam memilih audio interface ini jangan melihat dari merk tertentu saja, tapi lebih kebutuhannya. Jika kita ingin merekam suara gitar dan vokal maka cukup dengan menggunakan 2 channel input dan 2 output audio interface. Berikut beberapa pilihan audio interface dengan kisaran harga 1 jutaan hingga 2 jutaan rupiah:

  • M-Audio AIR 192
  • Presonus 24C
  • Steinberg UR12
  • Focusrite Scarlett 2i2 Gen3
  • Steinberg UR22 Mkll
  • Native Instruments Komplete Audio A2
  • Audient ID4
This image has an empty alt attribute; its file name is Steinberg-UR22-MKll-2-1024x1024.png

Steinberg UR12

This image has an empty alt attribute; its file name is Presonus-24C-1-1024x1024.png

Presonus 24C

This image has an empty alt attribute; its file name is M-Audio-Air-192I4-DES-19-6-1.jpg

M-Audio AIR 192

This image has an empty alt attribute; its file name is Native-Instrument-Komplete-Audio-2-4-1-1024x1024.png

Native Instruments Komplete Audio A2

*Untuk info lebih lengkap tentang audio interface silakan klik di sini

Gambar audio interface steinberg UR12 di atas merupakan contoh dari beberapa audio interface, Apakah audio interface tersebut sudah termasuk preamps? audio interface yang disebutkan diatas rata-rata sudah memiliki preamps dan phantom power(48V) untuk  menghidupkan microphone condensor. Tentunya masih banyak lagi produk yang serupa dipasaran yang lebih baik, tapi semua itu kembali lagi dengan anggaran dan kebutuhan yang diinginkan.

3. Microphone

Microphone, salah satu alat yang sangat berperan dalam sebuah proses rekaman selain untuk merekam vokal alat ini dapat juga berfungsi untuk merekam instrumen akustik lainya seperti: seperti gitar akustik, bass akustik, perkusi, drum dan instrumen akustik lainya. Terdapat tiga macam tipe microphone yaitu: Dynamic, Condenser, and Ribbon. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, akan tetapi pada umumnya microphone dynamic dan condenser-lah yang sering digunakan. Microphone dynamic, sangat baik untuk digunakan pada panggung pertunjukkan (live stage) karena ketahananya dan daya tangkap suaranya yang terpusat pada sumber suara yang ada didepannya, hal ini sangat baik untuk menghindari noise saat dipanggung pertunjukkan. 

Microphone Dynamic 

Microphone condenser, disebut juga large diaphragm mics. Berbeda dengan microphone dynamic, microphone condenser memiliki karakteristik daya tangkap suara yang detail dan natural dari sumber suara yang ditangkap (rekam). Dengan microphone ini kita dapat menangkap detail suara dari vokal ataupun instrumen akustik lainnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is LEWITT-MTP840-DM-NOV-19-4-300x300.jpg

Lewitt MTP250 DM

This image has an empty alt attribute; its file name is photo_2020-02-08_14-14-53-1024x1024.jpg

Samson R21S & Q7

*Mengenai informasi harga microphone dynamic dari berbagai brand silakan klik di sini

Microphone Condenser

“Lalu microphone (mic) seperti apakah yang tepat untuk memulai home recording?”. Banyak  sekali merk mic yang populer dipasaran saat ini dengan kualitas yang bagus dan mahal seperti: Neumman. Tapi apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran? dan apakah mic tersebut sesuai dengan kebutuhan? ini yang dapat menjadi faktor pertimbangan untuk membeli sebuah mic. Akan tetapi dengan anggaran yang apa adanya kita masih bisa mendapatkan mic dengan harga ekonomis dan kualitas yang cukup baik. Berikut beberapa mic condensor dengan harga kurang dari satu juta rupiah dengan kualitas yang cukup baik, berikut tipe dan merk mic tersebut:

  • Samson C01
  • Alctron MC001
  • Rode NT1A
  • MXL 990
  • Lewitt LCT240 Pro
  • Audio Technicha AT2035
This image has an empty alt attribute; its file name is AT2035-1-300x300.png

Audio Technica AT2035

This image has an empty alt attribute; its file name is photo_2020-02-08_14-15-00-1024x1024.jpg

Alctron MC001

*Mengenai informasi harga Microphone Condenser dari berbagai brand silakan klik di sini

Beberapa mic diatas dapat digunakan di home recording studio Anda untuk merekam vokal, gitar/ bass akustik, amplifire, perkusi dan drum. Sekarang saatnya berkreasi dengan ide dan teknik miking yang baik.

4. SOFTWARE (DIGITAL AUDIO WORKSTATION)

Software Cubase Pro 10

*Informasi mengenai software/ DAW silakan klik di sini

Setelah komputer, audio interface dan microphone telah dipersiapkan. Saatnya untuk memilih “dapur masak” (software) dan siap untuk melakukan proses kreatif. Digital Audio Workstation atau yang biasa disingkat dengan DAW adalah program yang memiliki kemampuan untuk mengolah data audio dan midi seperti: writing, recording, editing, mixing, dan hingga proses akhir yaitu mastering. Banyak sekali pilihan DAW dipasaran tetapi tidak semuanya dapat digunakan pada platform Mac dan PC. Berikut beberapa DAW tersebut sesuai dengan platform komputer yang ada dipasaran saat ini:

Mac

  PC

  Mac dan PC

DAW diatas merupakan perangkat lunak yang luar biasa dalam mengolah data audio dan midi hasil rekaman Anda, masing-masing memiliki fasilitas (feature) yang luar biasa untuk mengolahnya dari Plugin, FX, hingga Virtual Instrumen. “Lalu DAW seperti apakah yang baik, jika kita seorang pemula?” ini jawaban yang cukup sulit karena berkaitan dan kebiasaan sebelumnya dan kemudahan-kemudahan yang diberikan dari DAW tersebut. Menurut hemat saya cobalah untuk memilih DAW yang sudah terdapat Plugin, FX, dan Virtual Instrumen didalamnya, hal ini memudahkan kita dalam melakukan instalasi tanpa harus menggunakan software tambahan lainya untuk menjalakan DAW tersebut. Sebagai informasi banyak produser, musisi, dan komposer memiliki DAW pilihan favoritnya. Salah satunya DAW yang populer dan sudah menjadi standar dunia industri yaitu Pro Tools dan Cubase DAW ini memiliki kemampuan dalam merangkum semua keperluan produksi musik seperti: writing, recording, editing, mixing, dan mastering. Apakah saya merekomendasikan Pro Tools ini untuk Anda? bisa “iya”, bisa “tidak” tetapi kembali semua ke diri Anda dan kreatifitas Anda untuk menghasilkan karya yang baik.

Dan yang terakhir memang tidak murah untuk membeli program original seperti Pro Tools, Logic, Cubase dan lain-lain. Jangan berkecil hati, beberapa produsen sekarang memberikan software-software ini secara gratis contoh tetapi dengan batasan-batasan tertentu pada fasilitasnya (feature). Gunakanlah program original selain untuk menghargai jeri payah pembuatnya dan jika belum mampu untuk menggunakan program original ada alternatif lain yaitu menggunakan program freeware (gratis) yang dapat diunduh menggunakan internet seperti Reaper dan Audacity.
Say no to piracy…!      

5. MIDI CONTROLLER

Midi Controller biasanya berbentuk menyerupai keyboard dan sering disebut juga keyboard controller. Ada juga yang berbentuk seperti seperti drum, mixer dan lain-lain.

“Bagaimana cara menggunakan midi controller tersebut?” pertama koneksikan keyboard controller ke komputer menggunakan kabel USB, buka sofware virtual instruments yang digunakan dan tekan tekan tombol keyboard controller maka akan terdengar suara dari output source seperti speaker maupun headphone. (lihat gambar diatas)

Midi Controller To Laptop

6. SPEAKER MONITOR / HEADPHONE

Speaker Monitor JBL305Mkll

* info harga dari berbagai merk speaker silakan klik di sini

Alat berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah Speaker Monitor atau biasa disebut juga Studio Reference/ Speaker Flat. Kenapa disebut Speaker Monitor? karena speaker ini digunakan sebagai alat untuk memonitor hasil rekaman yang mempunyai respon flat dan dapat mengeluarkan suara apa adanya (real) sesuai dengan apa yang telah direkam. Headphone dapat juga digunakan sebagai pengganti speaker jika dalam kondisi tertentu seperti di kost atau ditempat lain yang tidak memungkinkan untuk kita menggunakan speaker. Untuk memilih speaker/ headphone monitor ini perlu perhatian khusus karena untuk dapat memiliki speaker/ headphone monitor flat budget yang dikeluarkan cukup besar.

Headphone Monitor Beyerdynamic DT770 PRO

* info harga dari berbagai macam headphone silakan klik di sini

Alat-alat tersebut telah dipersiapkan sekarang saatnya mengkoneksikan alat-alat tersebut, berikut skema sederhananya:

 Keterangan:

  1. Koneksi antara audio interface dengan komputer menggunakan USB / Firewire dan USB C tergantung konektifitas yang disediakan oleh alat tersebut
  2. Koneksi antara audio interface dengan speaker/ headphone menggunakan kabel TRS
  3. Koneksi antara microphone dengan audio interface menggunakan kabel XLR
  4. Koneksi antara keyboard controller menggunakan USB

* Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kabel dan jenis-jenisnya silakan klik di sini

Focusrite Scarlett 2i2 studio gen 3

Lalu timbul pertanyaan, Berapa estimasi biaya yang diperlukan untuk membangun home recording? Tenang, biaya yang dibutuhkan tidaklah mahal, seperangkat alat rekaman lengkap berkisar antara 2 jutaan hingga 3 jutaan. Contoh:

* Untuk info Paket Recording yang tersedia silahkan klik di sini

Semoga secuil infomasi ini dapat bermanfaat dan membantu untuk memulai sebuah proses kreatif dalam berkarya musik. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar home recording silahkan paper writing help lampirkan pertanyaan ke email berikut ini [email protected]

Terima kasih atas perhatiannya selamat berkarya, hargailah musik Indonesia, dan say no to piracy! 

Yogyakarta, 15 Desember 2012 Cretta Cucu A. Sumber:

  1. The #1 Rule of Home Recording, Graham Cochrane, TheRecordingRevolution.com:2012
  2. http://zealmusikblog.com/2012/05/03/peralatan-yang-dibutuhkan-untuk-dapat-rekaman-dirumah/