fbpx

REVIEW DAN IMPRESI AUDIO TECHNICA ATH M50X BY ZEAL MUSIK JOGJA Leave a comment

by : Fuad Dhahana

Spesifikasi :
Type: Closed-back dynamic
Diameter: Neodymium 45 mm
Voice Coil: CCAW (Copper- clad aluminum wire)
Frequency Response: 15 – 28.000 Hz
Maximum Input Power: 1,600 mW at 1 kHz
Sensitivity: 99 dB
Impedance: 38 ohms
Weight: 285 g (10 oz), without cable and connector
Cable: detachable (tersedia versi bluetooth)

Build quality dan isi box :

Kali ini zeal musik akan membahas tentang headphone Profesional Audio Monitoring Audio Technica ATH M50x. Ada 2 versi, yakni versi bluetooth dan non bluetooht, overall suaranya sama. Versi bluetooth berkisar diharga 3 jutaan, sedangkan yang versi non bluetooth itu harganya sekitar 2 jutaan.

Bisa dibilang headphone ini memiliki build quality yg kokoh, biarpun berbahan plastik, namun terlihat elegan dan kokoh. Headband nya empuk dan tebal, sehingga memberikan kenyamanan yang sangat baik ketika dipakai biarpun dalam waktu lama. Biarpun terlihat besar dan gemuk, headphone ini tergolong ringan. Bisa di lipat sehingga jika dibawa traveling dia tetap ringkas dan simple. Kabelnya bersifat removable dan bisa di bongkar pasang. Dalam boxnya terdapat 3 kabel, yakni kabel coil yg panjangnya hingga 3m, lalu kabel lurus dengan panjang 1.2m dan kabel lurus yang panjangnya 3m. Konektor detachable cable di headphone ini menggunakan konektor 2.5mm ke 3.5mm. Lalu dilengkapi dengan pouch berbahan kulit sintetis yang elegan yang dapat digunakan untuk menyimpan headphone ini ketika bepergian.

Dari segi kegunaannya, selain nyaman digunakan untuk mendengarkan musik harian, headphone ini juga ditujukan untuk kebutuhan audio pro, sangat nyaman untuk kegiatan monitoring dan mixing. Bahan dari earpadnya terbuat dari velour, empuk dan housingnya bisa diputar 180 derajat yang biasanya sangat berguna bagi para disc jokey untuk beraksi. Desainnya sangat baik dan terlihat serius.


Kenyamanan dan isolation :

Headphone ini cukup nyaman dipakai. Dalam waktu lama pun dia tetap sangat nyaman, hanya aja karena bahan earpadnya dari kulit sintetis, sebaiknya penggunaannya di ruangan ber AC. Karena earpad berbahan ini cukuplah panas jika dipakai di ruangan yang tidak sejuk, sehingga membuat sekeliling daun telinga akan berkeringat dan sifat asam dari keringat itu sendiri akan mempercepat umur dari earpad ini. Untuk isolasinya, headphone ini sangat lah baik. Suara dari luar bisa di blok hingga 80% (pemakaian di jalan raya yg ramai), karena dia close back, jadi suara dari luar dapat terisolir dengan baik sehingga tidak mengganggu kenyaman kita ketika mendengarkan musik. Untuk headband nya, terdiri dari 3 lapisan, yg pertama core of the core nya yg terbuat dari alumunium yang elastis dan kuat, lalu dilapisi dengan spons yang empuk dan lapisan terluarnya dari bahan kulit sintetis. Sehingga terlihat tebal dan gemuk serta sangat empuk.


Kualitas suara :

Suara dari headphone yg ditujukan untuk kebutuhan monitoring ini bisa dibilang flat dan clarity nya superb. Clarity merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari M50x. Karena dengan clarity suara yang baik, M50x mampu memberikan separasi dan penyajian pemisahan suara instrument dengan baik, sehingga lebih mudah untuk di dengarkan dan di monitor. Tentunya dengan clarity yang sangat bening ini, headphone ini cocok untuk kegiatan profesional studio recording seperti monitoring, mixing dan mastering.

Bass yang disajikan di M50x lebih mengarah ke bass yang deep dan karakternya empuk, tidak terlalu punchy dan litle bit boomy. Cocok untuk lagu- lagu EDM dan cocok untuk pecinta bass. Untuk vokal dan mid frekuensinya, bisa terbilang tipis dan treblenya bright sehingga suara- suara detail kecil dalam sebuah lagu akan terdengar lebih mudah disini. Bisa dibilang tonality dari headphone ini bisa dikatakan little bit v- shaped dan tetap mendekati flat. Namun, karena rentang frekuensinya cukup lebar, headphone ini juga belum bisa kita katakan bright. Lebih tepatnya, M50x ini bisa dibilang natural to bright. Biarpun demikian, jika digeber pakai volume cukup tinggi, headphone ini tidak memekakan telinga dan suaranya masih rapi. Sehingga selain untuk keperluan studio recording, M50x juga cocok untuk kebutuhan DJ monitoring saat on stage.
Selain itu, headphone ini unik, karena cocok digunakan untuk menonton film dan bermain game, yup, sangat cocok. Disini kita tidak sengaja mencoba memainkan PUBG mobile dengan memakai headphone M50x dan ternyata kualitas stereo dan detail nya cukup mencengangkan. Suara tembakan dan footstep terdengar sangat baik, dalam film, suara efek hembusan- hembusan angin dan perpindahan movement dari kiri kekanan serasa riil, dialog juga terdengar baik disaat film menampilkan BGM.


Kesimpulan :

Kesimpulannya sih, M50x merupakan headphone yang cukup baik di harga 2 jutaan, melegenda dan sudah memiliki reputasi yg sangat baik sejak awal pertama rilis. Cocok untuk kegiatan monitoring studio recording maupun sehari- hari seperti mendengarkan musik, gaming dan movie. Headphone ini cukup allround, karena ketika testbed, sy menggunakan musik- musik yang cocok didengarkan pakai M50x ialah musik jazz, EDM, pop dan klasik. Build quality nya sangat baik, bisa dilipat dan kabelnya bersifat detachable, fitting sangat nyaman dan empuk. Tidak begitu berat dan cocok untuk dibawa kemana- mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *