fbpx

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN COMPRESSOR Leave a comment

sumber : http://www.sonicsense.com/resourcecenter/reviews/reviews-and-tutorials/how-to-use-a-compressor-audio-compression-explained

Compressor adalah salah satu perlengkapan penting yang akan Anda temui dimana saja. Lalu apakah fungsi dari compressor? Fungsi utama dari Compressor adalah untuk mengurangi atau menambahkan dynamic range yang berlebihan/kurang. Setiap Dynamic Range di level/kekerasan suara itu berbeda ada yang terlalu keras dan lemah pada setiap bagian lagu. Genre tertentu seperti Klasik atau Jazz dynamic range mereka pasti berbeda dengan Rock n Roll, Pop, dan Hip Hop. Compressor bisa digunakan disetiap Track/ Per-Track tapi bisa juga digunakan di Master Output/Bus.

Sementara kompresi dinamik range dapat memberi manfaat besar untuk track audio atau mix, ketika digunakan berlebihan itu bisa merusak track yang harus diperbaiki. Penggunaan kompresi yang berlebih dapat membuat sound track menjadi tidak bernyawa, tidak menarik, atau terkubur didalam mix. Jadi, segera aplikasikan fungsi dasar kompresi dibawah ini pada musik Anda. Perhatikan grafik pada penjelasan berikut yang akan memberikan Anda gambaran pengaturan dasar penggunaan compressor.


THRESHOLD

Threshold adalah poin penting dimana compressor akan berkerja pertama kalinya untuk mengurangi gain. Jika signal sudah memasuki Threshold maka setelah itu compressor akan mulai menghaluskan suara/ sinyal. Saat Threshold -10dB berarti sinyal diatas -10dB akan dihilangkan dan suara/ sinyal yang lemah maka akan dihaluskan oleh threshold.

Threshold

RATIO

Ratio/ rasio (indonesia) adalah intensitas compressor atau mengurangi jumlah redaman menjadi yang sebenarnya. Ini bisa dilihat antara rasio input dan output. Jika rasio 2:1 berarti bahwa setiap 2dB input di atas threshold, compressor hanya akan membolehkan 1dB signal output. Begitu pula jika rasio 10:1 berarti bahwa setiap 10 dB input diatas threshold, maka akam mudah ditebak compressor hanya akan membolehkan 1dB signal output diatas threshold.


ATTACK

Attack adalah waktu yang dibutuhkan compressor untuk mencapai pengurangan gain setelah threshold bekerja. Contoh, jika Anda mengatur attack 10 ms, jika audio/ sinyal lebih tinggi dari threshold, ini memerlukan waktu 10 ms untuk compressor mencapai pengurangan reduksi penuh. Ini tidak berarti ada delay sebelum kompresi, sederhananya bagaimana berapa waktu yang dibutuhkan untuk kembali lagi ke audio/ sinyal asal.


MAKE UP GAIN

Pengaturan terakhir dari compressor disebut Make Up Gain. Saat Compressor bekerja mengurangi sinyal/ suara maka level/ gain suara akan sedikit lebih kecil. Make Up Gain ada cara gampang untuk menaikan kembali level/ gain yang telah berkurang tadi. Mengatur Make Up Gain akan membuat Anda mudah mengatur seluruh volume pada track yang diberi compressor tersebut. Untuk contohnya jika kita telah mengcompress sinya/ suara yang semula 8db setelah decompress maka level suara akan turun, maka kita harus menaikan kembali level suara yang seharusnya 8dB dengan Make Up Gain.


COMPRESSING VOCAL

Mungkin pada umumnya compressor digunakan pada vokal. Penyanyi mempunyai dinamika alami; satu kata mungkin bisikan lembut berikutnya menjadi blood-curdling scream. Pengaturan yang tepat dari kompresi dinamika vokal Anda akan tergantung sepenuhnya pada penyanyi. eksperimen dan pengalaman akan membantu menemukan setting yang paling sesuai untuk objek mixing. Untuk vokalis yang sangat dinamis, coba tinggikan rasio dengan rendahkan threshold. Jika ingin bereksperimen dengan dinamika (laki/wanita), Anda bisa gunakan rasio rendah dan tinggikan threshold.

COMPRESSING BASS DAN GITAR

Instrumen lainnya yang memiliki dinamika natural yaitu Bass dan Gitar, kompresi sangat diperlukan untuk kedua intrumen tersebut. Coba gunakan rasio rendah (2:1 sampai 4:1) dengan pengaturan kecepatan attack dan panjang release. Gitar akustik, dinamik akan menjadi konsisten ini tergantung dari pemainnya, Low rasio (2:1) lebih disukai untuk gitar akustik, tapi rasio tinggi (10:1) juga dapat digunakan jika diinginkan. Anda juga dapat menggunakan settingan ini untuk gitar elektrik. Ini mudah untuk membuat suara gitar dan bass dikompresi lalu tweak attack dan relase untuk membangunkan sound yang Anda inginkan. Dalam video dibawah ini akan memberikan info lebih lanjut mengenai kompresi bass dan gitar.


COMPRESSING DRUMS

Untuk track drum, compressor adalah plugin wajib. Menggunakan Compressor pada Snare Drum akan sangat berfungsi untuk mengatur dinamika si snare drum. Anda bisa selalu menggunakan compressor untuk lebih lagi menambah seni untuk memodifikasi suara drum yang diinginkan, atau untuk menambah beberapa punch ke dalam track. Compressor dengan pengaturan attack cepat pada sebuah snare akan membatasi suara peak jadi dapat membuat suara dengan transien yang tinggi akan menurun. Dan Compressor dengan Attack yang lambat akan membuat beberapa transient menjadi detail, dan dapat membantu menambahkan karakter punch. Silahkan tonton video dibawah ini untuk info lebih lanjut


MIX BUS COMPRESSION

Hal lain yang umum digunakan kompresi adalah memasukan kedalam mix bus, atau final stereo Anda (atau surround) master output. Menambahkan kompresi halus didalam mix bus dapat menambahkan punch atau “glue” untuk mix Anda. Tipe kompresi mix bus menggunakan rasio rendah yaitu 2:1 atau lebih rendah lagi 1.5:1. Hati-hati menggunakan kompresi mix bus janga terlalu berlebihan. Untuk mendengar beberapa artefak, atau efek negatif melebihi kompresi agresif, coba tempatkan kompresi dengan low threshold dan high rasio didalam mix bus. Seperti kebanyakan aspek audio, pengaturan kompresi apapun memberikan Anda sound yang dicari adalah pengaturan yang benar untuk digunakan. Perlu diingat hubungan rasio, attack, dan release dapat memiliki efek yang tidak diinginkan bila menggunakan berlebihan. Jadi seringlah latian, dan disarankan untuk memulai dengan kompresi lebih ringan dan lakukan seterusnya. Atau lebih jelasnya bisa menonton video dibawah ini


KESIMPULAN :

Compressor ada alat yang digunakan untuk mengontrol dynamic range suara/ sinyal. Compressor mempunyai 5 parameter utama yang saling berhubungan satu dengan yang lainya Yaitu:

  • Threshold adalah dimana level suara pertama kali akan dikurangi.
  • Ratio adalah insetisitas/ kepekaan dari compressor, atau berapa tepatnya compressor akan mengurangi level suara.
  • Attack adalah berapa lama compressor untuk mencapai reduce/ mengurangi level setelah Threshold bekerja.
  • Release adalah seberapa lama compressor akan berhenti bekerja setelah sinyal masuk threshold.
  • Make Up Gain adalah bagian dimana gain audio yang telah terkompres dapat dikembalikan kembali seperti awal.
  • Untuk Contoh lainya Anda bisa cek video untuk mendengarkan beberapa sample dari compressor saat mixing. Kami akan memberikan contoh side chaining, parallel compressor, dan banyak lagi tehnik tehnik tentang compressor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *