fbpx

REVIEW DAN IMPRESI SENNHEISER HD25 LIGHT BY ZEAL MUSIK JOGJA Leave a comment

Spesifikasi
Type: On ear (supra-aural), closed back
Rentang frekuensi: 30- 16.000 Hz
Impedansi: 60 ohms
Panjang kabel: 3 meter (replacable)
Warna: Hitam
SPL: up to 114 dB

Oleh : Fuad Dhahana

Utk packaging nya sangat sederhana, hanya box dan di dalamnya ada headphone + plastik + converter 3.5 ke 6.3 dan tidak ditemukan buku manual disini, utk garansinya kita main 2 tahun resmi dari chandrakom indonesia. build quality plastik banget, tapi lenturnya bukan main, barang ini made in irlandia, jadi plastik yg digunakan saya yakin bakal awet tapi ya namanya plastik kemungkinan besar durability nya kurang.

Sennheiser HD25 Light

Sektor kenyamanan sangat nyaman biarpun on ear, barang ini ringan dan kabelnya kuat, kurang lebih 4 meteran, memang ditujukan buat mixing dan monitoring DJ, tapi suaranya percaya gak percaya ini headphone on ear closeback yg sangat cocok buat lagu2 rock n vokal audiophile hahaha, saya malah tercengang buat sektor ini gaes, karena dia kecil tapi resolusinya mantab banget.

Sudah sedikit kita bahas diatas soal resolusi soundstage nya HD25 ini memang juara, dimana vokalis bisa terdengar dengan sangat baik dan on your face banget serta suara sektor instrumen terutama bass dan detail dari instrumen lainnya seperti gitar, piano dll terdengar mengiringi dengan koheren. Disini saya menggunakan lagu2 spotify dan xiaomi pocophone dan fiio m3k sebagai playernya dan file2 hiress baik lagu2 audiophile, rnb dan rock.

Bukan bass monster, namun cocok utk basshead karena dentuman bassnya sangatlah mantab. baik kick dan kuantitinya pas, tidak boomy dan cocok skalipun buat lagu yg memakai double pedal, utk vokalnya sweet banget khas sennheiser HD650 dimana maju dan artikulasinya terdengar syahdu terutama utk suara2 seperti norah jones dan yao si ting, headphone ini karakternya warm tapi tetep detailed disegala sektor. artikulasi dan separasi manteb. Kocokan gitar lagu2 rock juga nyaman banget disini tidak over tapi sangat terdengar mantab, saya membandingkannya dengan grado sr325e. HD25 light mampu kasih suara yg tidak kalah agresif disektor ini, ngecring juga tapi tidak kasar.


Keunggulan headphone ini ialah utk mixing dan monitoring, tentu aja suaranya reference, buat lagu2 hiress juga bisa dan impedansinya 60 ohm, biarpun lebih dari 32 ohm, namun HD25 light ini memang enteng, diplay pakai smartphone pun masih sangat nyaman, apalagi saya pakai main game sekelas PUBG, chiken terus gaes hehehhe. diharga 2jutaan sangat rekomended utk DJ dan kebutuhan monitoring dan mixing studio jika gak mau ribet, karena dia compact dan kecil. utk kebutuhan DJ, rentang suara low nya sangat manis, dibanding dengan headphone sekelas m50x, HD25 light lebih mampu merepresentasikan low dengan lebih baik dan lebih kencang dentumannya sehingga tetap akurat biarpun di volume yg tinggi. balance well,

Satu hal yang saya sayangkan dari sennheiser type ini ialah dimana spesifikasinya berbeda dengan HD25 plus dimana memiliki impedansi 70 ohm dan frekuensi response yg berbeda, dimana di HD25 light dia pny frekuensi respons 30- 16kHz dan di HD25 plus frekuensi response nya 16- 22kHz hanya aja ketika kita compare, suaranya mirip banget dan tidak merubah signature HD25 yg legendaris dan itu diperkuat oleh pengumuman yg dikeluarkan oleh sennheiser perihal hal ini dan bisa dibaca di : https://en-uk.sennheiser.com/what-ar…t-hd-25-models


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *