fbpx writemypapers best academic writing service

REVIEW DOLPHIN SOUND DS-50 MONITORING HEADPHONE Leave a comment

Spesifikasi
Type: Dynamic full size close back
Diameter speaker: 40 mm
Rentang Frekuensi: 10- 24.000 Hz
Impedansi: 32 ohm
Sensivity: 98 dB ± 3 dB
Power maksimal: 450 mW
Panjang kabel: 3 meter

Dolphin Sound DS50 merupakan salah satu headphone monitoring dengan budget sangat terjangkau, dibandrol dengan harga 400 ribuan, kualitas suara dari headphone ini bisa dibilang flat dan mampu menampilkan suara dengan resolusi yang tinggi. Baik dengan tonalnya dan clarity background sound nya. Build quality kokoh dengan headband dilapisi dengan bantalan empuk sehingga nyaman dipakai. Padnya berbahan velour dan lembut, ukuran pad nya fullsize dan bisa disubtitusi jika sudah rusak. Style headphone ini mirip dengan headphone audio technica M-Series. Kabelnya 3 meter, lalu ringan serta tidak terlalu menjepit ditelinga sehingga nyaman dipakai dalam waktu yang lama.


Untuk suaranya, bisa terbilang natural dan ngewarm, dimana frekuensi bawahnya (bass) cukup terkontrol, cocok untuk menampilkan suara- suara double pedal bahkan juga cukup punchy untuk lagu- lagu EDM. Hal ini dikarenakan karakter suara dari headphone ini adalah flat balance. Bottom line terdengar cukup deep dan tidak boomy. Digital media player yang digunakan untuk ngetest headphone ini adalah Cayin N3, dan headphone ini tetep smooth dan baik biarpun dihajar menggunakan volume yang tinggi. Tentunya file yang digunakan haruslah file hi- ressolution agar mampu mengeluarkan potensi suara dari headphone ini.

Mid frekuensi dan treblenya tidak berlebih sama sekali, sangat natural. Untuk suara simbal dan hihat terasa mengiringi musik dengan sangat baik. Ngecring dan tidak memekakan pendengaran jika di drive dalam volume yang cukup tinggi sekalipun. Menggunakan lagu- lagu dari soundtrack Rocky IV dari survivor berjudul Eye of the Tiger cukuplah nyaman dan tidak saling menutupi, soundstagenya juga lebar namun tidak seperti diberi reverb, natural asli. Jika untuk mendengarkan konser, headphone ini juga memberikan nuansa panggung yang cukup baik.

Diharga under 500 ribu, headphone sangatlah smooth, flat dan balance tonalnya. Cukup mampu diajak untuk membantu kegiatan recording kita. Baik mixing dan monitoring, sifatnya closeback fullsize, cukup kedap dan garansi 6 bulan diberikan untuk kerusakan driver. Cukup menarik.

Biarpun Impedansinya tidak terlalu tinggi, namun sensivity nya mencapai 98 dB sehingga cukup imbang dan tidak akan terjadi cliping jika diserang dengan volume yang tinggi juga, rentang frekuensinya cukup lebar mulai 10 hingga 24.000 Hz membuat headphone DS50 ini cocok untuk kegiatan recording maupun mendengarkan musik sehari- hari dengan genre yang bervariasi. Detail suara dapat, dinamis dan soundstagenya cukup lebar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *