How to pack a Gig Bag (Tips mempersiapkan alat manggung)

How to pack a Gig Bag (Tips mempersiapkan alat manggung)

Hai guyz ada Tips menarik lagi nih dari DJTechTools !! DJ handal seperti Ean Golden, Amplive, dan Mad Zach akan berbagi Tips mereka packing sebelum manggung yuk simak..

 

Tips 1. List perlengkapan yang akan dibawa

Siapkan list perlengkapan yang akan dibawa dengan cara diprint/ ditulis disecarik kertas seperti : Laptop, Audio Interface, MIDI Controller dan lain-lain. Walapun kelihatan repot tapi pembuatan list perlengkapan sangat berguna untuk menghindari perlengkapan yang kelupaan dibawa serta melatih ketelitian.

babba

 

Tips 2. Merapikan kabel-kabel yang akan dibawa

"Kabel?? Apakah penting? Nanti juga disediakan disana ngapain repot-repot dibawa." Ini hal yang sepele tapi vital. kabel bagaikan penting dari tools kalian lho.. Jangan anggap kabel itu tidak penting soalnya tanpa kabel alat kamu jadi useless hehehehe.

Organisir kabel yang dibawa dengan baik karena selain mempermudah dan mempercepat saat setting alat saat show kabel-kabel tersebut akan terlihat OK dipanggung. Ean Golden akan memberikan tips cara membuat DIY USB cable snake secara simple.

 photo_2015-03-16_12-59-22  

Tips 3. Kemudahan aksesbilitas alat

Pasti kalian pernah lupa menaruh barang didalam tas sangking banyaknya barang dan asal masuk kedalam tas :P hehehe

Tips berikutnya, bila semua sudah disiapkan dengan baik packing-lah perlengkapan tersebut ditempat yang mudah diakses, masukan kedalam tas dengan teratur dengan peletakan yang mudah untuk kalian mengeluarkan barang dari dalam tas tersebut contoh: untuk kabel bisa dimasukan/ dibuatkan tas kecil agar agar mudah untuk diambil dan terlihat rapi.

dadada  

Tips 4. Membawa alat cadangan (redudansi)

Kita tidak pernah tahu apa masalah yang kan terjadi saat pentas. Seperti kabel USB/ jack converter rusak dan lain-lain. Alangkah baiknya mempersiapkan kemungkinan masalah yang akan terjadi nanti agar kita tidak panik karena sudah dipersiapkan terlebih dahulu.

So, bawalah beberapa duplikat/ spare dari perlengkapan yang sekiranya nanti sering mendapatkan masalah, Seperti kabel, charger, jack konektor dan Lain-lain sesuai keperluan.

Tips ke 4 ini lebih kearahan mempersiapkan lebih dari dua/ lebih bila salah satu alat ada yang tidak berfungsi.

 vavava  

Tips 5. Keep your soundcard plugged in!!

Wah apa ini maksudnya?? kabelnya harus colok terus ya min?? Nah, ini maksudnya dalam tool set DJ biasanya memerlukan banyak kabel yang digunakan contoh misalkan punya soundcard 6 i/o dengan koneksi RCA pasti membutuhkan kabel banyak donk.. untuk setup ini ke mixer DJ. Bayangkan klo ini lupa routingnya hahahha bisa salah deh..

Nah tips mudahnya adalah usahakan kabel output yang disoundcard tetap terpasang pada saat dimasukan kedalam tas. Ingat berikan space yang luas untuk alat ini agar tidak merusak kabel yang masih terpasang disoundcard. Jadi ketika mau show/ main tinggal colok deh langsung kabelnya ke mixer DJ. That simple..!!

bcajbjabca

NOW.. YOU READY TO GO... LETS PARTY BEGIN...!!!

Catatan penting: setelah semua persiapan beres di masukan di dalam tas,jangan sampai lupa tasnya dibawa ya..hehehehhehe :)

cek this video tips..

 

Thanks DJTechTools, Ean Golden, Amplive, Mad Zach for a great tips..